• tes

    Berbagilah kepada sesama maka engkau akan bahagia

    Wednesday 21 September 2016

    MARKETING PLAN TABUNGAN iB X-TRA BANK CIMB NIAGA SYARIAH


    Strategi untuk menghadapi tahun 2017 dirumuskan dengan memberikan penekanan pada kualitas pendanaan dan pembiayaan yang disalurkan serta penyatuan risk appetite ke dalam strategi yang akan diambil. Strategi ini akan didukung dengan pembenahan internal terkait semua aspek bisnis terutama terkait risiko, pengembangan produk, dan peningkatan kompetensi di sisi sumber daya manusia untuk dapat mencapai hasil yang lebih baik. Perusahaan juga akan menerapkan upaya promosisecara lebih baik lagi untuk menciptakan peluang dan mencapai tujuan.
    Arah dan kebijakan pengembangan bisnis syariah Bank CIMB Niaga Syariah pada tahun 2017 memiliki enam fokus pengembangan bisnis sebagai berikut:
    a)      Fokus kepada Visi, yaitu menjadi 5 besar pemain industri perbankan syariah dan menjadi bank syariah dengan pelayanan digital terbaik di industri.
    b)      Peningkatan kinerja keuangan dan pangsa pasar Syariah dengan meningkatkan partisipasi seluruh unit bisnis dengan implementasi dual banking leverage model dan metode porsi anggaran distribusi per segmen (budgetportion).
    c)      Pertumbuhan yang berkelanjutan dalam berbagai focus bisnis dengan meluncurkan produk pembiayaan dan pendanaan yang lebih inovatif yang selaras dengan strategi UUS dan kebutuhan masyarakat.
    d)     Penyelarasan bisnis dengan mengkapitalisasi kekuatan bank induk, optimalisasi produktivitas, penguatan diversifikasi produk, penyetaraan produk dan layanan serta pengoptimalan layanan syariah untuk menjangkau seluruh nasabah CIMB Niaga dan pengembangan pasar.
    e)      Penekanan berkelanjutan mengenai pentingnya Indonesia sebagai basis pengembangan bisnis perbankan syariah dan telah disampaikannya rencana spin off ke OJK untuk memacu CIMB Niaga Syariah agar dapat menjadi 5 besar pelaku industri perbankan syariah di Indonesia.
    f)       Mempersiapkan fondasi keuangan, kesiapan infrastrukstur, model binis, model operational, sumber daya manusia, organisasi management dan produk yang variatif dan memiliki keunggulan di pasar melalui strategi jangka pendek dan jangka panjang.



    1.1.            Latar Belakang
    Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya pelanggan ingin membeli produk kalau produk tersebut sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya bank dapat memperoleh profit dari produk yang dihasilkannya kalau produk tersebut di beli atau dipergunakan oleh pelanggan/nasabah. Berdasarkan profit tersebut, bank dapat melanjutkan bisnisnya hingga ia dapat memenuhi keinginan pelanggan/nasabah lebih besar di masa yang akan datang. Dengan kata lain bank selalu berpedoman atau berfokus kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri pelanggan/nasabah, sehingga kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.
    Untuk dapat mencapai semua itu membutuhkan yang namanya perencanaan pemasaran, agar apa yang akan dilakukan sesuai dengan tujuannya. Perencanaan pemasaran merupakan persyaratan inti bagi pemasar. Manfaat penyusunan sebuah rencana antara lain : mendorong pemikiran sistematik mengenai masa depan, meningkatkan koordinasi, menetapkan standar kinerja untuk mengukur tren, memberikan dasar logis bagi pembuatan keputusan, meningkatkan kemampuan untuk menangani perubahan, dan meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang pasar.

    1.2.            Tujuan dan Manfaat
    Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Bank serta memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai Marketing Plan Tabungan iB X-Tra Bank CIMB Niaga Syariah.



    PEMBAHASAN

    2.1.            Analisis Situasi Pasar

    Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan.
    2.1.1.  Lingkungan Mikro
    Lingkungan Mikro merupakan kekuatan yang dekat dengan bank yang mempengaruhi kemampuan bank dalam melayani para pelanggannya. Komponen-komponen lingkungan mikro adalah sebagai berikut:
    a)      Manajemen Bank Itu Sendiri
    Kemampuan dari masing-masing fungsi manajemen atau divisi yang ada dalam bank untuk bekerjasama.
    Dalam Bank CIMB NiagaSyariah itu sendiri terdapat divisi-divisi dimana setiap divisi memiliki tugasnya masing-masing yang mendukung rencana bisnis bank dengan memastikan kesinambungan dukungan, antara lain dalam mempromosikan atau memasarkan produk-produk bank, salah satunya yaitu produk Tabungan iB-Xtra.
    b)      Perantara Pemasaran Bank
    Merupakan perusahaan yang membantu perusahaan mempromosikan, menjual produk-produk maupun jasa-jasa kepelanggan atau nasabah.
    Dalam mempromosikan ataupun menjualkan produk dan jasanya Bank CIMB Niaga Syariah tidak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai perantara pemasaran.
    c)      Nasabah
    Merupakan konsumen yang membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan oleh bank.
    Nasabah atau pelanggan dari produk Tabungan iB-Xtra dari Bank CIMB Niaga Syariah ini adalah pasar konsumen, yaitu konsumen yang membeli produk secara perorangan. Dan para konsumen yang menggunakan produk Tabungan iB-Xtra ini kebanyakan adalah berasal dari kalangan menengah keatas, mengingat setoran awalnya cukup tinggi.
    d)     Pesaing
    Merupakan lawan bank kita yang memproduksi atau menawarkan produk yang sejenis atau dengan kata lain hampir menyerupai dengan produk bank kita.
    Pesaing terdekat dari produk Tabungan iB-Xtra ini adalah produk Tabungan iB BEBAS dari Bank Permata Syariah. Ini dikarenakan karakteristik dari Tabungan iBXtra dengan Tabungan iB BEBAS hampir sama, yang membedakan hanyalah fasilitas-fasilitas yang di berikan oleh bank masing-masing.
    e)      Publik
    Kelompok maanapun yang mempunyai minat potensional atau dampak terhadap kemampuan sebuah organisasi atau perusahaan dalam mencapai sasarannya.
    Beberapa macam Publik yang memberikan dampak kepada Bank CIMB Niaga Syariah terutama pada produk Tabungan iB-Xtra yaitu, publik media yang memberikan liputan seputar produk melalui majalah ataupun surat kabar. Publik lokal, publik intern dan publik keuangan.

    2.1.2.  Lingkungan Makro
    Kekuatan yang lebih luas dari lingkungan mikro yang mempengaruhi bank secara keseluruhan. Komponen-komponen lingkungan makro adalah sebagai berikut:
    a)      Lingkungan Demografis
    Merupakan lingkungan yang menyangkut kependudukan seperti wilayah, usia, jenis kelamin dan pendidikan.
    Wilayah, bank-bank CIMB NiagaSyariah banyak dijumpai di daerah perkotaan.
    Untuk usia nasabah yang menggunakan produk Tabungan iB-Xtra ini diperkirakan di atas 25 tahun, karena untuk usia remaja mungkin lebih memilih menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
    b)      Lingkungan Ekonomis
    Merupakan factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen.
    Daya beli dan pola pembelanjaan konsumen produk Tabungan iB-Xtra ini adalah tinggi ,dikarenakan produk ini banyak digunakan oleh nasabah dari kalangan menengah keatas, sesuai dengan fasilitas-fasilitas yang di berikan oleh produk Tabungan iB-Xtra ini.
    c)      Lingkungan Teknologi
    Merupakan kekuatan-kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan inovasi baru melalui pengembangan produk baru serta mampu menangkap peluang-peluang yang ada.
    CIMB Niaga Syariah mengeluarkan produk Tabungan iB X-Tra dengan fasilitas yang ditawarkan sama persis dengan tabungan dengan nama yang sama pada CIMB Niaga konvensioanal. Keunggulan teknologi dipadukan dengan excellent service quality merupakan konsep modern yang diterapkan CIMB Niaga Syariah. Jumlah transaksi berbasis layanan elektronik di sepanjang tahun 2015 terus meningkat melalui CIMB Clicks, Go Mobile, Rekening Ponsel, serta penggunaan ATM, Self Service Terminal (SST), dan Cash Deposit Machine (CDM). Secara total transaksi branchless banking telah berkontribusi hingga 80-90% dari total transaksi perbankan di CIMB Niaga.

    2.1.3.  Analisis SWOT
    SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threats (ancaman). Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapaitujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Analisa SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran).
    Strengths (kekuatan). Kenyamanan dalam bertransaksi perbankan, pembayaran tagihan, kemudahan belanja dengan kartu debit, akses nasional maupun regional, hingga bebas biaya tarik tunai melalui ATM Bersama, ATM Jaringan Prima, dan ATM CIMB Group di seluruh negara.
    System keuangan syariah Tabungan iB-Xtra menggunakan ketentuan sistem bagi hasil (nisbah) yang menggunakan akad Wadiah. Yang dimaksud adalah melakukan perjanjian di awal mengenai berapa banyak keuntungan yang akan diterima nasabah dan pihak bank sesuai dengan kesepakan kedua belah pihak.
    Weakness (kelemahan). Kurang promosi. Promosi salah satu media yang sangat penting dalam mengenalkan produk-produk yang di miliki oleh Bank CIMB Niaga Syariah, khususnya produk iB-Xtra. Sejauh ini Bank CIMB Niaga Syariah belum mempromosikan produk-produknya ke media elektronik, sehingga belum dikenal masyarakat secara luas.
    Opportunity (peluang). Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah serta semakin beragamnya produk dan layanan syariah dipastikan akan memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi pertumbuhan industri perbankan syariah.
    Membuka kantor cabang pembantu di daerah yang mayoritas beragama islam seperti daerah ampel. Sehingga peluang terjualnya produk Tabungan iB-Xtra lebih tinggi daripada produk yang konvensional.
    Dikarenakan perkembangan zaman yang semakin berkembang, kebanyakan masyarakat lebih menginginkan sesuatu hal yang lebih praktis dan efisien. Dalam bidang IT, peluang dari bank CIMB Niaga Syariah yaitu bisa mengeluarkan kartu ATM Syar’i yang bisa membantu nasabah dalam bertransaksi dengan mudah dan bebas biaya administrasi.
    Threat (ancaman). Banyaknya produk pesaing. Pada bank baik konvensional maupun syariah banyak menawarkan produk yang memiliki karakteristik sama dengan  Tabungan iBXtra ini, sehinga untuk menarik perhatian nasabah dalam memilih tabungan iBXtra dibutuhkan kerja ekstra untuk mencapai hasil yang maksimal.

    2.2.        Strategi Pemasaran

    Bank CIMB Niaga Syariah merupakan Unit Usaha Khusus CIMB Niaga yang didirikan untuk memberikan respon terhadap perkembangan Syariah banking business di Indonesia dan demand nasabah terhadap transaksi perbankan secara Syariah yang semakin besar. Keunggulan teknologi dipadukan dengan excellent service quality merupakan konsep modern yang diterapkan CIMB Niaga Syariah. Transaksi perbankan secara Syariah yang ditawarkan oleh CIMB Niaga Syariah, Insya Allah, memberikan rasa aman, nyaman, adil dan tentram bagi seluruh stakeholder.
    Kegiatan pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
    Pada Bank CIMB Niaga Syariah dalam menentukan strategi pemasarannya dengan cara memperhatikan segmentation, targeting, positioning.
    Segmentation. Memfokuskan layanan CIMB Niaga Syariah pada segmen Individual Menengah & Menengah Atas - Floating Mass (Moderat) yang menghendaki service quality yang tinggi dan segmen Business Banking melalui penyediaan produk yang inovatif dan dengan kualitas yang prima.
    Targeting. Bank CIMB Niaga Syariah menawarkan program tabungan berhadiah pada saat tahun 2013, iB Berkah Tabungan iB X-Tra Cimb Niaga Syariah bagi para nasabahnya, Program ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membuka rekening baru serta nasabah existing dengan memberikan hadiah langsung.Tabungan iB Xtra adalah tabungan yang fleksibel dengan penarikan dan penyetoran dana setiap saat, dilengkapi berbagai fasilitas untuk kenyamanan transaksi tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah ini dieruntukkan bagi Nasabah dengan usia diatas 18 tahun.
    Positioning. Produk iB X-Tra Cimb Niaga Syariah ini di posisikan sebagai tabungan yang fleksibel dengan penarikan dan penyetoran dana setiap saat kepada nsabah yang berusia diatas 18 tahun. Atas dasar kebutuhan nasabahnya tabungan iB X-Tra Cimb Niaga Syariah memiliki kemudahan yang praktis misalnya kebutuhan untuk membayar berbagai tagihan bulanan (telephone, listrik, pam, kartu kredit dan lain-lain).
    2.2.1.  Marketing Mix
    Marketing mix merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu. Artinya kegiatan ini dilakukan secara bersama di antara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. Setiap elemen tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tanpa dukungan dari elemen lain.
    Elemen yang ada dalam marketing mix adalah product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses).
    Adapun hasil 7 P tersebut:
    a.       Product. Produk-produk tabungan cimb niaga syariah terdapat beberapa produk salah satunya produk tabungan regular. Pada tabungan regular terdapat tabungan ib x-tra , tabungan ib pahala haji, tabungan ib pay roll, tabungan ib usha. Produk iB X-Tra dari Cimb Niaga Syariah mengincar segmentasi semua kalangan bagi nasabah yang berusia diatas 18 tahun. Hal ini dipersentasikan dengan setoran awal pembukaan tabungan ib x-tra yaitu sebesar 200.000 rupiah dan minim setoran selanjutnya 10.000. produk ib x-tra ini juga dapat diakses elektronik seperti CIMB klik’s, Go mobile, Phone banking, rekening ponsel.
    b.      Price. Dalam aspek price, strategi yang di lakukan CIMB Niaga Syariah adalah layanan yang bersaing dengan para competitor namun tetap berorientasi laba. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan juga dibarengi dengan kualitas pelayanan yang baik, sehingga meskipun dari sisi harga berkompetisi dengan bank lain namun CIMB Niaga Syariah menunjukkan kualitas dari sisi pelayanan.
    c.       Place. Pemilihan lokasi kantor pusat dan kantor cabang CIMB niaga Syariah juga sudah cukup baik. Dimana kantor CIMB Niaga Syariah terletak di Jl Adityawarman no.53 Surabaya, Jawa Timur. Hal ini memudahkan akses bagi karyawan dan nasabah yang ingin datang ke bank. Kantor cabang dan cabang pembantu pun  selalu diusahakan terletak di tempat-tempat yang strategis di pusat-pusat bisnis, keramaian, dan kemudahan akses jalan serta transportasi.
    d.      Promotion. CIMB Niaga Syariah menggunakan seluruh salurah Bauran Komunikasi seperti melakukan promosi di Media Televisi dan Koran/Majalah. CIMB Niaga Syariah juga memiliki laman/web yang terdapat promosi melalui media sosial. Dengan demikian, apabila konsumen ingin menggunakan produk-produk perbankan, maka akan  menempatkan produk-produk CIMB Niaga Syariah dalam daftar utamanya.
    e.       Process. Salah satu produk CIMB Niaga Syariah yaitu tabungan IB X-Tra. Dalam proses pembukaan tabungan IB x-tra ini konsumen harus datang kantor cabang dan melakukan pendaftaran di kantor dan mengisi formulir dan melengkapi beberapa persyaratan administrasi. Dengan menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, maka konsumen berhak atas fasilitas layanan yang ditawarkan dari masing-masing produk.
    f.       People. Saat ini CIMB Niaga Syariah memiliki berbagai macam karyawan yang terklasifikasi berdasarkan strata pendidikan dan usia. Diantaranya terdapat dewan komisaris, dewan direksi, sekertaris perusahaan, komite dewan komisaris, dewan pengawasan syariah. Hal ini mutlak diperlukan mengingat perbankan adalah bidang yang highly regulated dan tingginya tingkat persaingan di sektor perbankan.
    g.      Physical evidence. Kantor cabang Bank CIMB Niaga Syariah mudah dikenali oleh nasabah dengan warna merah sebagai warna khas/dominan yang terlihat pada furniture atau ornamen kantor cabang lainnya. Selain itu, CIMB Niaga Syariah selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan yang ditunjukan dari semua lini mulai satpam, customer service, hingga teller/kasir yang diharapkan menjadi pembeda dengan bank-bank syariah lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga persaingan dengan bank syariah lainnya. CIMB Niaga Syariah juga melakukan peningkatan pada kualitas layanan di saluran distribusi seperti dalam interface pada layanan teknologi informasi misalnya pada internet banking dan ATM.

    2.3.        Benefit Produk Tabungan iB Xtra dengan Produk Tabungan iB Bebas Permata Bank Syariah (Pesaing)

    a)      Benefit Tabungan iB Xtra CIMB Niaga Syariah
    1.      Xtra Nyaman :
    Kartu debit CIMB Niaga Syariah dapat digunakan di lebih dari 10 juta tempat  berbelanja di seluruh dunia yang berlogo Mastercard plus berbagai discount di merchant yang tersedia.
    2.      Xtra Fasilitas Akses Elektronik :
    ·         Akses informasi dan transaksi perbankan non stop 24 jam kapanpun dan dimanapun Anda berada melalui Phone Banking 14041, CIMB Clicks, Go Mobile, SST & CDM.                      
    • Jaringan ATM CIMB Niaga, ATM Bersama, MEPS, Mastercard/Cirrus dan jaringan Prima di lebih 13.000 ATM Bersama di Indonesia, ratusan ribu ATM berlogo Mastercard/Cirrus di seluruh dunia, Jaringan ATM Regional (Singapura, Malaysia & Thailand) serta tarik tunai di ribuan ATM dalam jaringan MEPS (Malaysian Electronic Payment System) di Malaysia                                                                                       
    • Layanan Transfer antar bank anggota ATM Bersama secara real time online


    3.      Xtra Praktis :
    Kemudahan pembayaran untuk berbagai tagihan rutin bulanan (Telephone/Ponsel, listrik, PAM, kartu kredit, dan lain-lain)

    b)     Benefit Tabungan iB Bebas Permata Bank Syariah (Pesaing)

    1.      BEBAS biaya administrasi bulanan rekening & kartu debit TANPA SYARAT

    2.      BEBAS Biaya transfer online ke bank manapun di Indonesia yang tergabung dalam jaringan ATM ALTO, ATM Bersama dan Prima (BCA) yang telah memiliki fasilitas transfer online, melalui Permata e-Banking (PermataATM, PermataMobile, PermataNet, PermataTel IVR dan PermataMini ATM) atau melalui terminal electronic channel Bank lain untuk saldo ≥ Rp 5 juta sebelum transaksi

    3.      BEBAS biaya tarik tunai di ATM seluruh Indonesia (jaringan ATM PRIMA (BCA), ATM Bersama dan ALTO) dan di seluruh dunia (ATM Visa/PLUS) untuk saldo sebelum transaksi minimal Rp 5 juta

    4.      Kemudahan transaksi di lebih dari 1,7 juta ATM di seluruh dunia (melalui jaringan PermataATM, ATM ALTO, ATM Bersama, ATM Prima (BCA), dan jaringan VISA/Plus) serta kemudahan berbelanja lebih dari 27 juta merchant di seluruh dunia yang berlogo VISA.

    5.      Tersedia dalam mata uang IDR / USD

     

    2.3.1. Strategi Penetapan Harga Produk Tabungan iB Xtra dengan Tabungan iB Bebas (Pesaing)

    §  Tabungan iB Xtra

    §  Tabungan iB Bebas (Pesaing)
    Setoran awal minimum Rp 200.000,-

    Setoran awal minimum Rp 250.000,-

    Saldo mengendap minimum Rp 50.000,-

    Saldo mengendap minimum Rp 100.000,-

    Biaya Administrasi Bulanan GRATIS
    Biaya Administrasi Bulanan GRATIS
    Biaya penutupan rekening GRATIS

    Biaya penutupan rekening Rp 100.000,-


    §  Tabungan iB X-Tra Mudharabah mendapatkan nisbah sampai dengan 75 %
    §  Tabungan iB X-Tra Wadiah mendapatkan bonus yang tidak diperjanjikan

    Imbal Hasil

    §  Nisbah Produk 15:85 (Nasabah : Bank), dengan rata-rata,indikasi equivalent rate 2 bulan terakhir adalah 1,35% p.a.



    2.4.       Strategi Distribusi

    Beberapa teknologi yg digunakan CIMB Niaga Syariah untuk mempermudah penyampaian produknya adalah:
    è Internet Banking     : Dengan CIMB Clicks, Anda akan menikmati kekuatan akses perbankan tanpa batas yang tersedia 24 jam, 7 hari seminggu, dan tentunya siap mendukung Anda setiap saat.
    è Mobile Banking   : Mudahnya mengakses data perbankan Anda dari mana saja dan kapan saja dengan aplikasi Go Mobile CIMB NIAGA yang bisa Anda akses melalui handphone kesayangan Anda
    è Rekening Ponsel : Rekening Ponsel CIMB NIAGA memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM. Selain dapat menarik uang, Anda juga bisa mengirim uang kepada siapapun di seluruh Indonesia tanpa kecuali
    è ATM                       : Pergi ke manapun tidak perlu khawatir lagi kehabisan uang, karena ATM CIMB NIAGA selalu setia menemani Anda di manapun Anda berada. Tarik tunai di ribuan gerai ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri) CIMB NIAGA yang tersebar luas khusus untuk Anda.
    è Mesin Setor Tunai : Membawa uang tunai dan tidak sempat pergi ke bank untuk menyetorkannya? Jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan CDM (Cash Deposit Machine/Mesin Setor Tunai) yang bisa Anda temui di ATM Gallery CIMB NIAGA

    2.4.1. Strategi Promosi

    A.  Periklanan (Advertising)
    Media periklanan yg digunakan CIMB Niaga Syariah antara lain adalah melalui televisi, internet (misal: youtube berdurasi 30 detik), brosur-brosur, serta pemasangan billboard di area tertentu yg strategis.

    B.   Promosi Penjualan (Sales Promotion)
    Bank CIMB Niaga Syariah mengeluarkan Poin XTra sebagai bentuk bonus yang akan memberikan keuntungan pada nasabah dengan harapan akan mempertahankan nasabah dan menarik nasabah baru untuk menabung di bank CIMB Niaga syariah. Poin Xtra dari CIMB Niaga bisa untuk biaya belanja dan hang out bahkan sampai GRATIS di merchant-merchant yang happening.

    C.  Publisitas (Publicity)
    Kegiatan publisitas yg dilakukan CIMB Niaga Syariah untuk meningkatkan pamor bank di mata nasabahnya antara lain:
    a.       Bakti Sosial à Tanggal 8 April 2016, Vice President Bank CIMB Niaga Syariah menyerahkan bantuan mobil ambulans kepada pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadyah (Lazismu) di Sidoarjo.
    b.      Pengadaan Beasiswa à Dibukanya pendaftaran MES-CIMB Niaga Syariah Scholarship 2016 untuk program studi ekonomi syariah yang seleksinya dilakukan di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.
    c.       Pameran à Dilakukan pameran di sejumlah mall-mall Surabaya untuk mempromosikan produknya, CIMB Niaga Syariah juga ikut serta pada pagelaran Jatim Expo di Surabaya.

    D.  Penjualan Pribadi (Personal Selling)
    Penjualan pribadi di CIMB Niaga Syariah dilakukan oleh Customer Service dengan cara menghubungi masing-masing nasabahnya melalui nomor telefon yang sudah di data dan menjelaskan mengenai promosi atau produk baru yang ada pada para nasabah.

    2.5.       Program Kerja

    Proker
    Januari
    Februari
    Maret
    April
    Mei
    Juni
    Juli
    Agustus
    September
    Oktober
    November
    Desember
    Perencanaan












    Riset nasabah:
    Perusahaan
    Masayarakat umum












    Analisis produk:
    Ib usaha xtra












    Promosi












    Pelaksanaan



























    Perencanaan:
                Januari:
    ·         Rapat awal tahun
    ·         Melakukan kegiatan operasional di Indonesia dan luar negeri

    Riset nasabah:
                Februari:
    ·         Karyawannya terjun langsung ke setiap perusahaan untuk menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah

    Maret:

    ·         Karyawannya mengajak masyarakat umum secara langsung menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
    Analisis produk:
    April:
    ·         Meluncurkan produk baru iB usaha xtra

    Mei:
    ·         Pengembangan produk iB xtra dengan bekerja sama dengan Marchandisk
    Promosi:
                Juni:
    ·         Mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah melalui iklan di TV

    Juli:
    ·         Menggunakan papan reklame untuk mempromosikan tabungan iB xtra Niaga Syariah

    Agustus:
    ·         Membuka event-event pameran di Mall untuk mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah

    Pelaksanaan:
                September, Oktober, November, Desember:
    ·         Melaksanakan semua rencana Bank CIMB Niaga yang sudah di rencanakan
    ·         Melakukan kerja nyata

    Controlling dan evaluasi:
                Januari-Desember:
    ·         Mengadakan audit dari luar negeri

    2.6.       Anggaran Biaya

    3.      Nama Kegiatan
    Bulan
    Anggaran
    Perencanaan


    Rapat awal tahun
    Januari
    Rp. 28.000.000
    Melakukan kegiatan operasional di Indonesia dan luar negeri
    Januari
    Rp. 55.000.000
    Riset Nasabah


    Karyawannya terjun langsung ke setiap perusahaan untuk menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
    Februari
    Rp. 19.000.000
    Karyawannya mengajak masyarakat umum secara langsung menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
    Maret
    Rp. 33.000.000
    Analisis Produk


    Meluncurkan produk baru iB usaha xtra
    April
    Rp. 25.000.000
    Pengembangan produk bekerja sama dengan Marchandisk
    Mei
    Rp. 60.000.000
    Promosi


    Mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah melalui iklan di TV
    Juni
    Rp. 10.000.000
    Menggunakan papan reklame untuk mempromosikan tabungan iB xtra Niaga Syariah
    Juli
    Rp. 30.000.000
    Membuka event-event pameran di Mall untuk mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah
    Agustus
    Rp. 50.000.000
    Pelaksanaan


    Melaksanakan semua rencana Bank CIMB Niaga yang sudah di rencanakan
    Melakukan kerja nyata
    September
    Rp. 50.000.000

    Oktober
    Rp. 55.000.000

    November
    Rp. 43.000.000

    Desember
    Rp. 53.000.000
    Controlling dan Evaluasi


    Mengadakan audit dari luar negeri
    Januari-Desember
    Rp. 84.000.000


    2.7  Skenario Pengendalian

    Skenario Pengendalian (Control) merupakan pengendalian (control) yang dapat membantu mengukur hasil manajemen dan mengidentifikasi permasalahan atau perbedaan kinerja yang memerlukan tindakan korektif (perbaikan).
    2.7.1 Berdasarkan Aspek Analisis Situasi Pasar
    Pada lingkungan mikro, terdapat poin yakni perantara pemasaran bank. Pada poin tersebut dijelaskan bahwa CIMB Niaga Syariah tidak melakukan kerjasama dengan perusahaan sebagai perantara dalam mengembangkan pemasaran produknya. Alangkah lebih baik CIMB Niaga Syariah melakukan kerjasama dengan perusahaan tertentu sebagai contoh Bank Mega melakukan kerjasama dengan Carrefour sehingga banyak nasabah yang menggunakan produk bank mega ketika melakukan pembelanjaan di Carrefour. Seharusnya CIMB Niaga Syariah juga demikian. Karena dengan melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan maka produk dari CIMB Niaga Syariah akan semakin dikenal oleh nasabah.
    Pada lingkungan makro, terdapat poin yakni lingkungan demografis. Pada poin ini bank CIMB Niaga hanya membuka cabang di pusat perkotaan saja tetapi tidak dengan perkotaan yang kecil seperti pelosok. Seharusnya dengan dibukanya cabang baru di perkotaan kecil meskipun hanya beberapa setidaknya itu akan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi di bank CIMB Niaga Syariah tanpa perlu harus ke pusat kota untuk melakukan transaksi di CIMB Niaga Syariah.
    Setiap kelebihan pasti ada kelemahan. Seperti analisis SWOT CIMB Niaga Syariah ini. Kelemahan dari bank CIMB Niaga Syariah ini adalah kurangnya promosi yang dilakukan bank tersebut. Seperti yang kita tahu produk Tabungan iB Xtra ini ialah tabungan yang dipersiapkan untuk masa depan anak anak kelak. Tetapi masih banyak nasabah atau masyarakat kurang tahu menahu mengenai produk tersebut. Khususnya para orang tua sangat membutuhkan tabungan yang sesuai untuk menjamin masa depan anaknya nanti. Disarankan dari pihak bank CIMB Niaga Syariah ini melakukan promosi gencar-gencaran dengan entah itu melalui surat kabar maupun media online. Bisa juga promosi dilakukan menggunakan mouth and mouth yaitu promosi yang secara langsung disampaikan menggunakan mulut ke mulut sehingga kita bisa mengetahui respon dari nasabah secara langsung.
    Untuk menghadapi ancaman yang terjadi yaitu banyaknya produk pesaing maka, CIMB Niaga Syariah harus tetap mempertahankan eksistensinya di bidang perbankan syariah. Seperti yang kita tahu banyak pesaing yang sama-sama mengeluarkan produk-produk yang fungsi dan tujuan hampir sama dengan produk bank CIMB Niaga Syariah. Untuk itu diharapkan CIMB Niaga Syariah harus mengembangkan inovasi-inovasi untuk meluncurkan produk baru yang sekiranya produk tersebut lebih unggul daripada produk pesaing untuk mencapai hasil yang maksimal.

    2.7.2 Berdasarkan Aspek Strategi Pemasaran
    Pada poin segmentasi diharapkan segmentasi CIMB Niaga Syariah tidak hanya difokuskan untuk kalangan atas hingga menengah tetapi, kalangan bawah harus termasuk sebagai segmentasi bank CIMB Niaga Syariah.




    PENUTUP

    3.1.  Kesimpulan
    Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada. Komponen-komponen lingkungan mikro adalah sebagai berikut:
    a)      Manajemen Bank Itu Sendiri
    b)      Perantara Pemasaran Bank
    c)      Nasabah
    d)     Pesaing
    e)      Publik
    Komponen-komponen lingkungan makro adalah sebagai berikut:
    a).    Lingkungan Demografis
    b).    Lingkungan Ekonomis
    c).    Lingkungan Teknologi
    Analisis SWOT
    Strengths (kekuatan). Kenyamanan dalam bertransaksi ATM Bersama, ATM Jaringan Prima, dan ATM CIMB Group di seluruh negara.
    Weakness (kelemahan). Kurang promosi.
    Opportunity (peluang). Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah.
    Threat (ancaman). Banyaknya produk pesaing Pada Bank CIMB Niaga Syariah dalam menentukan strategi pemasarannya dengan cara memperhatikan segmentation, targeting, positioning.
    Marketing Mix. Elemen yang ada dalam marketing mix adalah product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses).
    Distribusi & Promosi
    Dalam rangka mempertahankan nasabah dan juga menarik nasabah baru maka sistem distribusi yang dilakukan pihak bank adalah mengeluarkan teknologi yg baik untuk mempermudah penyampaian produknya ke nasabah dan untuk segi promosinya pihak bank menggunakan 4 sarana yg terdiri dari advertising,sales promotion, publicity, & personal selling.
    Mengidentifikasi strategi distribusi dan promosi yang diterapkan oleh bank CIMB Niaga Syariah untuk mempertahankan nasabah dan juga menarik nasabah baru untuk ikut bergabung dalam pengembangan produk-produknya.
    3.2.  Saran
    Dengan adanyaanalisis situasi pasar, strategi pemasaran dari Bank CIMB Niaga Syariah khususnya pada produk Tabungan iB-Xtra diharapkan mahasiswa dapat melakukan rancangan program kerja yang berkualitas untuk 1 (satu) tahun ke depan, dengan harapan agara Bank CIMB Niaga Syariah dapat memiliki prospek kerja yang bagus dan meningkat. Serta dengan adanya evaluasi dapat menjadi acuan agar Bank CIMB Niaga Syariah dapat menilai kinerjanya apakah ekspektasi yang bank rencanakan sesuai dengan aktualnya.



    Daftar Pustaka

    Kasmir, 2012, Manajemen Perbankan, PT Raja Grafindo Persada, cetakan ke-11
    Jakarta


    No comments:

    Fans Page