Strategi untuk
menghadapi tahun 2017 dirumuskan dengan memberikan penekanan pada kualitas
pendanaan dan pembiayaan yang disalurkan serta penyatuan risk appetite ke
dalam strategi yang akan diambil. Strategi ini akan didukung dengan pembenahan
internal terkait semua aspek bisnis terutama terkait risiko, pengembangan
produk, dan peningkatan kompetensi di sisi sumber daya manusia untuk dapat
mencapai hasil yang lebih baik. Perusahaan juga akan menerapkan upaya promosisecara lebih baik lagi untuk
menciptakan peluang dan mencapai tujuan.
Arah dan kebijakan
pengembangan bisnis syariah Bank CIMB Niaga Syariah pada tahun 2017 memiliki
enam fokus pengembangan bisnis sebagai berikut:
a)
Fokus
kepada Visi, yaitu menjadi 5 besar pemain industri perbankan syariah dan menjadi
bank syariah dengan pelayanan digital terbaik di industri.
b)
Peningkatan
kinerja keuangan dan pangsa pasar Syariah dengan meningkatkan partisipasi
seluruh unit bisnis dengan implementasi dual banking leverage model dan
metode porsi anggaran distribusi per segmen (budgetportion).
c)
Pertumbuhan
yang berkelanjutan dalam berbagai focus bisnis dengan meluncurkan produk
pembiayaan dan pendanaan yang lebih inovatif yang selaras dengan strategi UUS
dan kebutuhan masyarakat.
d)
Penyelarasan
bisnis dengan mengkapitalisasi kekuatan bank induk, optimalisasi produktivitas,
penguatan diversifikasi produk, penyetaraan produk dan layanan serta
pengoptimalan layanan syariah untuk menjangkau seluruh nasabah CIMB Niaga dan
pengembangan pasar.
e)
Penekanan
berkelanjutan mengenai pentingnya Indonesia sebagai basis pengembangan bisnis
perbankan syariah dan telah disampaikannya rencana spin off ke OJK untuk
memacu CIMB Niaga Syariah agar dapat menjadi 5 besar pelaku industri perbankan
syariah di Indonesia.
f) Mempersiapkan fondasi keuangan, kesiapan
infrastrukstur, model binis, model operational, sumber daya manusia, organisasi
management dan produk yang variatif dan memiliki keunggulan di pasar
melalui strategi jangka pendek dan jangka panjang.
1.1.
Latar Belakang
Kegiatan
pemasaran harus menghasilkan win-win solution artinya pelanggan ingin membeli produk kalau produk
tersebut sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya bank dapat memperoleh profit
dari produk yang dihasilkannya kalau produk tersebut di beli atau dipergunakan
oleh pelanggan/nasabah. Berdasarkan profit tersebut, bank dapat melanjutkan
bisnisnya hingga ia dapat memenuhi keinginan pelanggan/nasabah lebih besar di
masa yang akan datang. Dengan kata lain bank selalu berpedoman atau berfokus
kepada nilai-nilai yang terdapat dalam diri pelanggan/nasabah, sehingga
kegiatan pemasaran tersebut dapat berhasil dengan baik.
Untuk
dapat mencapai semua itu membutuhkan yang namanya perencanaan pemasaran, agar
apa yang akan dilakukan sesuai dengan tujuannya. Perencanaan pemasaran
merupakan persyaratan inti bagi pemasar. Manfaat penyusunan sebuah rencana
antara lain : mendorong pemikiran sistematik mengenai masa depan, meningkatkan
koordinasi, menetapkan standar kinerja untuk mengukur tren, memberikan dasar
logis bagi pembuatan keputusan, meningkatkan kemampuan untuk menangani
perubahan, dan meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang pasar.
1.2.
Tujuan dan Manfaat
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk
memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Bank serta memberikan pengetahuan
kepada pembaca mengenai Marketing Plan Tabungan iB X-Tra Bank CIMB Niaga
Syariah.
PEMBAHASAN
2.1. Analisis Situasi Pasar
Analisa
situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru
atau mengkaji strategi yang sudah ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini
dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi
yang diperlukan.
2.1.1.
Lingkungan
Mikro
Lingkungan Mikro
merupakan kekuatan yang dekat dengan bank yang mempengaruhi kemampuan bank
dalam melayani para pelanggannya. Komponen-komponen lingkungan mikro adalah
sebagai berikut:
a) Manajemen
Bank Itu Sendiri
Kemampuan dari
masing-masing fungsi manajemen atau divisi yang ada dalam bank untuk
bekerjasama.
Dalam Bank CIMB
NiagaSyariah itu sendiri terdapat divisi-divisi dimana setiap divisi memiliki
tugasnya masing-masing yang mendukung rencana bisnis bank dengan memastikan
kesinambungan dukungan, antara lain dalam mempromosikan atau memasarkan
produk-produk bank, salah satunya yaitu produk Tabungan iB-Xtra.
b) Perantara
Pemasaran Bank
Merupakan perusahaan
yang membantu perusahaan mempromosikan, menjual produk-produk maupun jasa-jasa
kepelanggan atau nasabah.
Dalam mempromosikan
ataupun menjualkan produk dan jasanya Bank CIMB Niaga Syariah tidak bekerja
sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai perantara pemasaran.
c) Nasabah
Merupakan konsumen yang
membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan oleh bank.
Nasabah atau pelanggan
dari produk Tabungan iB-Xtra dari Bank CIMB Niaga Syariah ini adalah pasar
konsumen, yaitu konsumen yang membeli produk secara perorangan. Dan para
konsumen yang menggunakan produk Tabungan iB-Xtra ini kebanyakan adalah berasal
dari kalangan menengah keatas, mengingat setoran awalnya cukup tinggi.
d) Pesaing
Merupakan lawan bank
kita yang memproduksi atau menawarkan produk yang sejenis atau dengan kata lain
hampir menyerupai dengan produk bank kita.
Pesaing terdekat dari
produk Tabungan iB-Xtra ini adalah produk Tabungan iB BEBAS dari Bank Permata
Syariah. Ini dikarenakan karakteristik dari Tabungan iBXtra dengan Tabungan iB
BEBAS hampir sama, yang membedakan hanyalah fasilitas-fasilitas yang di berikan
oleh bank masing-masing.
e) Publik
Kelompok maanapun yang
mempunyai minat potensional atau dampak terhadap kemampuan sebuah organisasi
atau perusahaan dalam mencapai sasarannya.
Beberapa macam Publik
yang memberikan dampak kepada Bank CIMB Niaga Syariah terutama pada produk
Tabungan iB-Xtra yaitu, publik media yang memberikan liputan seputar produk
melalui majalah ataupun surat kabar. Publik lokal, publik intern dan publik
keuangan.
2.1.2.
Lingkungan
Makro
Kekuatan yang lebih
luas dari lingkungan mikro yang mempengaruhi bank secara keseluruhan.
Komponen-komponen lingkungan makro adalah sebagai berikut:
a) Lingkungan
Demografis
Merupakan
lingkungan yang menyangkut kependudukan seperti wilayah, usia, jenis kelamin
dan pendidikan.
Wilayah,
bank-bank CIMB NiagaSyariah banyak dijumpai di daerah perkotaan.
Untuk
usia nasabah yang menggunakan produk Tabungan iB-Xtra ini diperkirakan di atas
25 tahun, karena untuk usia remaja mungkin lebih memilih menggunakan produk
yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
b) Lingkungan
Ekonomis
Merupakan
factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pembelanjaan konsumen.
Daya
beli dan pola pembelanjaan konsumen produk Tabungan iB-Xtra ini adalah tinggi
,dikarenakan produk ini banyak digunakan oleh nasabah dari kalangan menengah
keatas, sesuai dengan fasilitas-fasilitas yang di berikan oleh produk Tabungan
iB-Xtra ini.
c) Lingkungan
Teknologi
Merupakan
kekuatan-kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan inovasi baru
melalui pengembangan produk baru serta mampu menangkap peluang-peluang yang
ada.
CIMB
Niaga Syariah mengeluarkan produk Tabungan iB X-Tra dengan fasilitas yang
ditawarkan sama persis dengan tabungan dengan nama yang sama pada CIMB Niaga
konvensioanal. Keunggulan teknologi dipadukan dengan excellent service quality merupakan konsep modern yang diterapkan
CIMB Niaga Syariah. Jumlah transaksi berbasis layanan elektronik di sepanjang
tahun 2015 terus meningkat melalui CIMB Clicks,
Go Mobile, Rekening Ponsel, serta
penggunaan ATM, Self Service Terminal (SST),
dan Cash Deposit Machine (CDM).
Secara total transaksi branchless banking
telah berkontribusi hingga 80-90% dari total transaksi perbankan di CIMB Niaga.
2.1.3.
Analisis
SWOT
SWOT
adalah singkatan dari Strengths
(kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), Threats (ancaman). Analisis SWOT adalah
suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi
yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang
matang untuk mencapaitujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka
panjang. Analisa SWOT adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang
bersifat deskriptif (memberi gambaran).
Strengths (kekuatan).
Kenyamanan dalam bertransaksi perbankan, pembayaran tagihan, kemudahan belanja
dengan kartu debit, akses nasional maupun regional, hingga bebas biaya tarik
tunai melalui ATM Bersama, ATM Jaringan Prima, dan ATM CIMB Group di seluruh
negara.
System keuangan syariah Tabungan iB-Xtra
menggunakan ketentuan sistem bagi hasil (nisbah) yang menggunakan akad Wadiah.
Yang dimaksud adalah melakukan perjanjian di awal mengenai berapa banyak
keuntungan yang akan diterima nasabah dan pihak bank sesuai dengan kesepakan kedua
belah pihak.
Weakness
(kelemahan). Kurang
promosi. Promosi salah satu media yang sangat penting dalam mengenalkan
produk-produk yang di miliki oleh Bank CIMB Niaga Syariah, khususnya produk
iB-Xtra. Sejauh ini Bank CIMB Niaga Syariah belum mempromosikan produk-produknya
ke media elektronik, sehingga belum dikenal masyarakat secara luas.
Opportunity (peluang).
Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah
serta semakin beragamnya produk dan layanan syariah dipastikan akan memberikan
ruang gerak yang cukup luas bagi pertumbuhan industri perbankan syariah.
Membuka kantor cabang pembantu di daerah
yang mayoritas beragama islam seperti daerah ampel. Sehingga peluang terjualnya
produk Tabungan iB-Xtra lebih tinggi daripada produk yang konvensional.
Dikarenakan perkembangan zaman yang
semakin berkembang, kebanyakan masyarakat lebih menginginkan sesuatu hal yang
lebih praktis dan efisien. Dalam bidang IT, peluang dari bank CIMB Niaga
Syariah yaitu bisa mengeluarkan kartu ATM Syar’i yang bisa membantu nasabah
dalam bertransaksi dengan mudah dan bebas biaya administrasi.
Threat
(ancaman).
Banyaknya produk pesaing. Pada bank baik konvensional maupun syariah banyak
menawarkan produk yang memiliki karakteristik sama dengan Tabungan iBXtra ini, sehinga untuk menarik
perhatian nasabah dalam memilih tabungan iBXtra dibutuhkan kerja ekstra untuk
mencapai hasil yang maksimal.
2.2. Strategi Pemasaran
Bank CIMB Niaga Syariah merupakan Unit Usaha Khusus CIMB
Niaga yang didirikan untuk memberikan respon terhadap perkembangan Syariah
banking business di Indonesia dan demand nasabah terhadap transaksi perbankan
secara Syariah yang semakin besar. Keunggulan teknologi dipadukan dengan excellent service quality merupakan
konsep modern yang diterapkan CIMB Niaga Syariah. Transaksi perbankan secara
Syariah yang ditawarkan oleh CIMB Niaga Syariah, Insya Allah, memberikan rasa
aman, nyaman, adil dan tentram bagi seluruh stakeholder.
Kegiatan
pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit
maupun usaha-usaha sosial. Kegiatan pemasaran yang dilakukan suatu perusahaan
memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun
jangka panjang.
Pada
Bank CIMB Niaga Syariah dalam menentukan strategi pemasarannya dengan cara memperhatikan
segmentation, targeting, positioning.
Segmentation. Memfokuskan layanan CIMB Niaga Syariah pada segmen
Individual Menengah & Menengah Atas - Floating
Mass (Moderat) yang menghendaki service quality yang tinggi dan segmen
Business Banking melalui penyediaan produk yang inovatif dan dengan kualitas
yang prima.
Targeting. Bank CIMB Niaga Syariah menawarkan program tabungan
berhadiah pada saat tahun 2013, iB Berkah Tabungan iB
X-Tra Cimb Niaga Syariah bagi para nasabahnya,
Program ini juga memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membuka rekening
baru serta nasabah existing dengan
memberikan hadiah langsung.Tabungan iB Xtra adalah tabungan yang
fleksibel dengan penarikan dan penyetoran dana setiap saat, dilengkapi berbagai
fasilitas untuk kenyamanan transaksi tabungan iB X-Tra CIMB Niaga Syariah ini
dieruntukkan bagi Nasabah dengan usia diatas 18 tahun.
Positioning. Produk
iB X-Tra Cimb Niaga Syariah ini di posisikan sebagai tabungan yang fleksibel
dengan penarikan dan penyetoran dana setiap saat kepada nsabah yang berusia
diatas 18 tahun. Atas dasar kebutuhan nasabahnya tabungan iB X-Tra Cimb Niaga
Syariah memiliki kemudahan yang praktis misalnya kebutuhan untuk membayar
berbagai tagihan bulanan (telephone, listrik, pam, kartu kredit dan lain-lain).
2.2.1.
Marketing Mix
Marketing mix merupakan
kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu. Artinya kegiatan ini
dilakukan secara bersama di antara elemen-elemen yang ada dalam marketing mix
itu sendiri. Setiap elemen tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tanpa dukungan
dari elemen lain.
Elemen yang ada dalam
marketing mix adalah product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion
(promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process
(proses).
Adapun hasil 7 P
tersebut:
a. Product.
Produk-produk tabungan cimb niaga syariah terdapat beberapa produk salah
satunya produk tabungan regular. Pada tabungan regular terdapat tabungan ib
x-tra , tabungan ib pahala haji, tabungan ib pay roll, tabungan ib usha. Produk
iB X-Tra dari Cimb Niaga Syariah mengincar segmentasi semua kalangan bagi
nasabah yang berusia diatas 18 tahun. Hal ini dipersentasikan dengan setoran
awal pembukaan tabungan ib x-tra yaitu sebesar 200.000 rupiah dan minim setoran
selanjutnya 10.000. produk ib x-tra ini juga dapat diakses elektronik seperti
CIMB klik’s, Go mobile, Phone banking, rekening ponsel.
b.
Price. Dalam
aspek price, strategi yang di lakukan CIMB Niaga Syariah adalah layanan yang
bersaing dengan para competitor namun tetap berorientasi laba. Meskipun
demikian, harga yang ditawarkan juga dibarengi dengan kualitas pelayanan yang
baik, sehingga meskipun dari sisi harga berkompetisi dengan bank lain namun
CIMB Niaga Syariah menunjukkan kualitas dari sisi pelayanan.
c.
Place. Pemilihan lokasi kantor pusat dan
kantor cabang CIMB niaga Syariah juga sudah cukup baik. Dimana kantor CIMB
Niaga Syariah terletak di Jl Adityawarman
no.53 Surabaya, Jawa Timur. Hal ini memudahkan akses bagi karyawan dan nasabah yang
ingin datang ke bank. Kantor cabang dan cabang pembantu pun selalu diusahakan
terletak di tempat-tempat yang strategis di pusat-pusat bisnis, keramaian, dan
kemudahan akses jalan serta transportasi.
d. Promotion.
CIMB
Niaga Syariah menggunakan seluruh salurah Bauran Komunikasi seperti melakukan
promosi di Media Televisi dan Koran/Majalah. CIMB Niaga Syariah juga memiliki
laman/web yang terdapat promosi melalui media sosial. Dengan demikian, apabila
konsumen ingin menggunakan produk-produk perbankan, maka akan menempatkan
produk-produk CIMB Niaga Syariah dalam daftar utamanya.
e. Process.
Salah
satu produk CIMB Niaga Syariah yaitu tabungan IB X-Tra. Dalam proses pembukaan
tabungan IB x-tra ini konsumen harus datang kantor cabang dan melakukan
pendaftaran di kantor dan mengisi formulir dan melengkapi beberapa persyaratan
administrasi. Dengan menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, maka konsumen berhak
atas fasilitas layanan yang ditawarkan dari masing-masing produk.
f. People. Saat ini CIMB Niaga Syariah memiliki berbagai macam karyawan
yang terklasifikasi berdasarkan strata pendidikan dan usia. Diantaranya
terdapat dewan komisaris, dewan direksi, sekertaris perusahaan, komite dewan
komisaris, dewan pengawasan syariah. Hal ini mutlak
diperlukan mengingat perbankan adalah bidang yang highly
regulated dan tingginya tingkat persaingan di
sektor perbankan.
g. Physical
evidence. Kantor cabang Bank CIMB Niaga Syariah mudah
dikenali oleh nasabah dengan warna merah sebagai warna khas/dominan yang
terlihat pada furniture atau ornamen kantor cabang lainnya. Selain itu, CIMB
Niaga Syariah selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan yang ditunjukan
dari semua lini mulai satpam, customer service, hingga teller/kasir yang
diharapkan menjadi pembeda dengan bank-bank syariah lainnya. Hal ini dilakukan
untuk menjaga persaingan dengan bank syariah lainnya. CIMB Niaga Syariah juga
melakukan peningkatan pada kualitas layanan di saluran distribusi seperti dalam interface pada
layanan teknologi informasi misalnya pada internet banking dan ATM.
2.3.
Benefit
Produk Tabungan iB Xtra dengan Produk Tabungan
iB Bebas Permata Bank Syariah (Pesaing)
a)
Benefit Tabungan iB Xtra CIMB Niaga Syariah
1.
Xtra
Nyaman :
Kartu debit CIMB Niaga Syariah dapat
digunakan di lebih dari 10 juta tempat
berbelanja di seluruh dunia yang berlogo Mastercard plus berbagai
discount di merchant yang tersedia.
2. Xtra Fasilitas Akses Elektronik :
·
Akses
informasi dan transaksi perbankan non stop 24 jam kapanpun dan dimanapun Anda
berada melalui Phone Banking 14041, CIMB Clicks, Go Mobile, SST &
CDM.
- Jaringan ATM CIMB Niaga, ATM
Bersama, MEPS, Mastercard/Cirrus dan jaringan Prima di lebih 13.000 ATM
Bersama di Indonesia, ratusan ribu ATM berlogo Mastercard/Cirrus di
seluruh dunia, Jaringan ATM Regional (Singapura, Malaysia & Thailand)
serta tarik tunai di ribuan ATM dalam jaringan MEPS (Malaysian Electronic
Payment System) di
Malaysia
- Layanan Transfer antar bank
anggota ATM Bersama secara real time online
3.
Xtra
Praktis :
Kemudahan pembayaran untuk berbagai tagihan
rutin bulanan (Telephone/Ponsel, listrik, PAM, kartu kredit, dan lain-lain)
b) Benefit
Tabungan iB Bebas Permata Bank Syariah (Pesaing)
1.
BEBAS biaya administrasi bulanan rekening & kartu debit TANPA SYARAT
2.
BEBAS Biaya
transfer online ke bank manapun di Indonesia yang tergabung dalam jaringan ATM
ALTO, ATM Bersama dan Prima (BCA) yang telah memiliki fasilitas transfer
online, melalui Permata e-Banking (PermataATM, PermataMobile, PermataNet,
PermataTel IVR dan PermataMini ATM) atau melalui terminal electronic channel
Bank lain untuk saldo ≥ Rp 5 juta sebelum transaksi
3.
BEBAS biaya tarik tunai di ATM seluruh Indonesia (jaringan ATM PRIMA (BCA),
ATM Bersama dan ALTO) dan di seluruh dunia (ATM Visa/PLUS) untuk saldo sebelum
transaksi minimal Rp 5 juta
4.
Kemudahan
transaksi di lebih dari 1,7 juta ATM di seluruh dunia (melalui jaringan
PermataATM, ATM ALTO, ATM Bersama, ATM Prima (BCA), dan jaringan VISA/Plus)
serta kemudahan berbelanja lebih dari 27 juta merchant di seluruh dunia yang
berlogo VISA.
5.
Tersedia dalam
mata uang IDR / USD
2.3.1.
Strategi Penetapan Harga Produk Tabungan iB Xtra
dengan Tabungan
iB Bebas (Pesaing)
§ Tabungan iB
Xtra
|
§ Tabungan iB Bebas (Pesaing)
|
Setoran awal
minimum Rp 200.000,-
|
Setoran awal
minimum Rp 250.000,-
|
Saldo
mengendap minimum Rp 50.000,-
|
Saldo
mengendap minimum Rp 100.000,-
|
Biaya
Administrasi Bulanan GRATIS
|
Biaya
Administrasi Bulanan GRATIS
|
Biaya
penutupan rekening GRATIS
|
Biaya
penutupan rekening Rp 100.000,-
|
§ Tabungan iB X-Tra Mudharabah
mendapatkan nisbah sampai dengan 75 %
§ Tabungan iB X-Tra Wadiah
mendapatkan bonus yang tidak diperjanjikan
|
Imbal Hasil
§ Nisbah Produk 15:85 (Nasabah : Bank), dengan
rata-rata,indikasi equivalent rate 2 bulan terakhir adalah 1,35% p.a.
|
2.4. Strategi Distribusi
Beberapa teknologi yg
digunakan CIMB Niaga Syariah untuk mempermudah penyampaian produknya adalah:
è Internet Banking : Dengan CIMB Clicks, Anda akan menikmati
kekuatan akses perbankan tanpa batas yang tersedia 24 jam, 7 hari seminggu, dan
tentunya siap mendukung Anda setiap saat.
è Mobile Banking
: Mudahnya mengakses data perbankan Anda dari mana saja dan kapan saja
dengan aplikasi Go Mobile CIMB NIAGA yang bisa Anda akses melalui handphone
kesayangan Anda
è Rekening Ponsel : Rekening Ponsel CIMB NIAGA
memberi Anda keleluasaan untuk menarik uang tunai di Indomaret, Alfamart, dan
ATM CIMB NIAGA manapun tanpa kartu ATM. Selain dapat menarik uang, Anda juga
bisa mengirim uang kepada siapapun di seluruh Indonesia tanpa kecuali
è ATM
: Pergi ke manapun tidak perlu khawatir lagi kehabisan uang, karena ATM
CIMB NIAGA selalu setia menemani Anda di manapun Anda berada. Tarik tunai di
ribuan gerai ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri) CIMB NIAGA
yang tersebar luas khusus untuk Anda.
è Mesin Setor Tunai : Membawa uang tunai dan tidak
sempat pergi ke bank untuk menyetorkannya? Jangan khawatir karena Anda bisa
memanfaatkan CDM (Cash Deposit Machine/Mesin Setor Tunai) yang bisa Anda temui
di ATM Gallery CIMB NIAGA
2.4.1. Strategi Promosi
A. Periklanan (Advertising)
Media periklanan
yg digunakan CIMB Niaga Syariah antara lain adalah melalui televisi, internet
(misal: youtube berdurasi 30 detik), brosur-brosur, serta pemasangan billboard
di area tertentu yg strategis.
B.
Promosi
Penjualan (Sales Promotion)
Bank
CIMB Niaga Syariah mengeluarkan Poin XTra sebagai bentuk bonus yang akan
memberikan keuntungan pada nasabah dengan harapan akan mempertahankan nasabah
dan menarik nasabah baru untuk menabung di bank CIMB Niaga syariah. Poin Xtra
dari CIMB Niaga bisa untuk biaya belanja dan hang out bahkan sampai GRATIS di merchant-merchant
yang happening.
C. Publisitas (Publicity)
Kegiatan
publisitas yg dilakukan CIMB Niaga Syariah untuk meningkatkan pamor bank di
mata nasabahnya antara lain:
a. Bakti
Sosial à
Tanggal 8 April 2016, Vice President Bank CIMB Niaga Syariah menyerahkan
bantuan mobil ambulans kepada pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah
Muhammadyah (Lazismu) di Sidoarjo.
b. Pengadaan
Beasiswa à
Dibukanya pendaftaran MES-CIMB Niaga Syariah Scholarship 2016 untuk program
studi ekonomi syariah yang seleksinya dilakukan di kota Jakarta, Bandung,
Surabaya, dan Yogyakarta.
c. Pameran
à
Dilakukan pameran di sejumlah mall-mall Surabaya untuk mempromosikan produknya,
CIMB Niaga Syariah juga ikut serta pada pagelaran Jatim Expo di Surabaya.
D. Penjualan Pribadi (Personal Selling)
Penjualan
pribadi di CIMB Niaga Syariah dilakukan oleh Customer Service dengan cara
menghubungi masing-masing nasabahnya melalui nomor telefon yang sudah di data
dan menjelaskan mengenai promosi atau produk baru yang ada pada para nasabah.
2.5. Program Kerja
Proker
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
Perencanaan
|
||||||||||||
Riset nasabah:
Perusahaan
Masayarakat umum
|
||||||||||||
Analisis produk:
Ib usaha xtra
|
||||||||||||
Promosi
|
||||||||||||
Pelaksanaan
|
||||||||||||
Perencanaan:
Januari:
·
Rapat awal tahun
·
Melakukan
kegiatan operasional di Indonesia dan luar negeri
Riset nasabah:
Februari:
·
Karyawannya terjun langsung ke setiap perusahaan untuk
menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
Maret:
·
Karyawannya mengajak masyarakat umum secara langsung
menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
Analisis produk:
April:
·
Meluncurkan produk baru iB usaha xtra
Mei:
·
Pengembangan produk iB xtra dengan bekerja sama dengan
Marchandisk
Promosi:
Juni:
·
Mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah
melalui iklan di TV
Juli:
·
Menggunakan papan
reklame untuk mempromosikan tabungan iB xtra Niaga Syariah
Agustus:
·
Membuka event-event pameran di Mall untuk
mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah
Pelaksanaan:
September,
Oktober, November, Desember:
·
Melaksanakan semua rencana Bank CIMB Niaga yang sudah
di rencanakan
·
Melakukan kerja nyata
Controlling dan evaluasi:
Januari-Desember:
·
Mengadakan audit dari luar negeri
2.6. Anggaran Biaya
3.
Nama Kegiatan
|
Bulan
|
Anggaran
|
Perencanaan
|
||
Rapat awal tahun
|
Januari
|
Rp. 28.000.000
|
Melakukan kegiatan operasional di Indonesia dan luar
negeri
|
Januari
|
Rp. 55.000.000
|
Riset Nasabah
|
||
Karyawannya
terjun langsung ke setiap perusahaan untuk menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
|
Februari
|
Rp. 19.000.000
|
Karyawannya
mengajak masyarakat umum secara langsung menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah
|
Maret
|
Rp. 33.000.000
|
Analisis
Produk
|
||
Meluncurkan
produk baru iB usaha xtra
|
April
|
Rp. 25.000.000
|
Pengembangan produk bekerja sama dengan Marchandisk
|
Mei
|
Rp. 60.000.000
|
Promosi
|
||
Mempromosikan tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah melalui
iklan di TV
|
Juni
|
Rp. 10.000.000
|
Menggunakan
papan reklame untuk mempromosikan tabungan iB xtra Niaga Syariah
|
Juli
|
Rp. 30.000.000
|
Membuka event-event pameran di Mall untuk mempromosikan
tabungan iB xtra CIMB Niaga Syariah
|
Agustus
|
Rp. 50.000.000
|
Pelaksanaan
|
||
Melaksanakan
semua rencana Bank CIMB Niaga yang sudah di rencanakan
Melakukan kerja nyata
|
September
|
Rp. 50.000.000
|
Oktober
|
Rp. 55.000.000
|
|
November
|
Rp. 43.000.000
|
|
Desember
|
Rp. 53.000.000
|
|
Controlling
dan Evaluasi
|
||
Mengadakan
audit dari luar negeri
|
Januari-Desember
|
Rp. 84.000.000
|
2.7 Skenario Pengendalian
Skenario Pengendalian (Control) merupakan
pengendalian (control) yang dapat membantu mengukur hasil manajemen dan
mengidentifikasi permasalahan atau perbedaan kinerja yang memerlukan tindakan
korektif (perbaikan).
2.7.1 Berdasarkan
Aspek Analisis Situasi Pasar
Pada
lingkungan mikro, terdapat poin yakni perantara pemasaran bank. Pada poin
tersebut dijelaskan bahwa CIMB Niaga Syariah tidak melakukan kerjasama dengan
perusahaan sebagai perantara dalam mengembangkan pemasaran produknya. Alangkah
lebih baik CIMB Niaga Syariah melakukan kerjasama dengan perusahaan tertentu
sebagai contoh Bank Mega melakukan kerjasama dengan Carrefour sehingga banyak
nasabah yang menggunakan produk bank mega ketika melakukan pembelanjaan di
Carrefour. Seharusnya CIMB Niaga Syariah juga demikian. Karena dengan melakukan
kerjasama dengan beberapa perusahaan maka produk dari CIMB Niaga Syariah akan
semakin dikenal oleh nasabah.
Pada
lingkungan makro, terdapat poin yakni lingkungan demografis. Pada poin ini bank
CIMB Niaga hanya membuka cabang di pusat perkotaan saja tetapi tidak dengan
perkotaan yang kecil seperti pelosok. Seharusnya dengan dibukanya cabang baru
di perkotaan kecil meskipun hanya beberapa setidaknya itu akan memudahkan
nasabah dalam melakukan transaksi di bank CIMB Niaga Syariah tanpa perlu harus
ke pusat kota untuk melakukan transaksi di CIMB Niaga Syariah.
Setiap
kelebihan pasti ada kelemahan. Seperti analisis SWOT CIMB Niaga Syariah ini.
Kelemahan dari bank CIMB Niaga Syariah ini adalah kurangnya promosi yang
dilakukan bank tersebut. Seperti yang kita tahu produk Tabungan iB Xtra ini ialah
tabungan yang dipersiapkan untuk masa depan anak anak kelak. Tetapi masih
banyak nasabah atau masyarakat kurang tahu menahu mengenai produk tersebut.
Khususnya para orang tua sangat membutuhkan tabungan yang sesuai untuk menjamin
masa depan anaknya nanti. Disarankan dari pihak bank CIMB Niaga Syariah ini
melakukan promosi gencar-gencaran dengan entah itu melalui surat kabar maupun
media online. Bisa juga promosi dilakukan menggunakan mouth and mouth yaitu
promosi yang secara langsung disampaikan menggunakan mulut ke mulut sehingga
kita bisa mengetahui respon dari nasabah secara langsung.
Untuk
menghadapi ancaman yang terjadi yaitu banyaknya produk pesaing maka, CIMB Niaga
Syariah harus tetap mempertahankan eksistensinya di bidang perbankan syariah.
Seperti yang kita tahu banyak pesaing yang sama-sama mengeluarkan produk-produk
yang fungsi dan tujuan hampir sama dengan produk bank CIMB Niaga Syariah. Untuk
itu diharapkan CIMB Niaga Syariah harus mengembangkan inovasi-inovasi untuk
meluncurkan produk baru yang sekiranya produk tersebut lebih unggul daripada
produk pesaing untuk mencapai hasil yang maksimal.
2.7.2 Berdasarkan Aspek Strategi Pemasaran
Pada poin segmentasi diharapkan
segmentasi CIMB Niaga Syariah tidak hanya difokuskan untuk kalangan atas hingga
menengah tetapi, kalangan bawah harus termasuk sebagai segmentasi bank CIMB
Niaga Syariah.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Analisa
situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru
atau mengkaji strategi yang sudah ada. Komponen-komponen lingkungan mikro
adalah sebagai berikut:
a) Manajemen
Bank Itu Sendiri
b) Perantara
Pemasaran Bank
c) Nasabah
d) Pesaing
e) Publik
Komponen-komponen
lingkungan makro adalah sebagai berikut:
a). Lingkungan
Demografis
b). Lingkungan
Ekonomis
c). Lingkungan
Teknologi
Analisis SWOT
Strengths (kekuatan).
Kenyamanan dalam bertransaksi ATM Bersama, ATM Jaringan Prima, dan ATM CIMB
Group di seluruh negara.
Weakness
(kelemahan). Kurang
promosi.
Opportunity (peluang).
Meningkatnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah.
Threat
(ancaman).
Banyaknya produk pesaing Pada Bank CIMB Niaga Syariah dalam menentukan strategi
pemasarannya dengan cara memperhatikan segmentation, targeting, positioning.
Marketing
Mix. Elemen yang ada dalam marketing mix adalah product
(produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (orang),
physical evidence (bukti fisik), dan process (proses).
Distribusi &
Promosi
Dalam rangka mempertahankan nasabah dan
juga menarik nasabah baru maka sistem distribusi yang dilakukan pihak bank
adalah mengeluarkan teknologi yg baik untuk mempermudah penyampaian produknya
ke nasabah dan untuk segi promosinya pihak bank menggunakan 4 sarana yg terdiri
dari advertising,sales promotion,
publicity, & personal selling.
Mengidentifikasi
strategi distribusi dan promosi yang diterapkan oleh bank CIMB Niaga Syariah
untuk mempertahankan nasabah dan juga menarik nasabah baru untuk ikut bergabung
dalam pengembangan produk-produknya.
3.2. Saran
Dengan
adanyaanalisis situasi pasar, strategi pemasaran dari Bank CIMB Niaga Syariah
khususnya pada produk Tabungan iB-Xtra diharapkan mahasiswa dapat melakukan
rancangan program kerja yang berkualitas untuk 1 (satu) tahun ke depan, dengan
harapan agara Bank CIMB Niaga Syariah dapat memiliki prospek kerja yang bagus
dan meningkat. Serta dengan adanya evaluasi dapat menjadi acuan agar Bank CIMB
Niaga Syariah dapat menilai kinerjanya apakah ekspektasi yang bank rencanakan
sesuai dengan aktualnya.
Daftar Pustaka
Kasmir,
2012, Manajemen Perbankan, PT Raja Grafindo Persada, cetakan ke-11
Jakarta
No comments:
Post a Comment