• tes

    Berbagilah kepada sesama maka engkau akan bahagia

    Wednesday 21 September 2016

    MAKANAN KHAS DI INDONESIA

    JAWA
    1.      Jawa Timur
    Rujak Cingur

    Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.
    2.      Jawa Tengah
    Lumpia Semarang
    Makanan ini cukup khas dan sangat nikmat jika disantap saat hangat. Lebih enak lagi jika ditambahkan dengan sedikit saus kental manis yang membuat rasa dari lumpia semarang ini sangat banyak disukai para wisatawan. Di dalamnya terdapat rebung, ayam, telur, dan udang yang sangat enak dan pasa ketika dipadukan dengan saus kental manisnya.
    3.      Jawa Barat
    Lotek
    Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan. Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.
    SULAWESI
    1.      Coto Makassar
    Ini dia makanan khas Sulawesi yang sudah mendunia, sama melegendanya dengan masakan Padang. Warung atau restoran penjual Coto Makassar bisa anda dapati dengan enteng di beberapa kota besar, mungkin saja ada pula di kota tempat tinggal anda saat ini. Sayangnya, anda yang vegetarian tak dapat nikmati hidangan lezat ini lantaran bahan dasarnya yaitu jeroan serta daging sapi yang sudah di rebus dalam waktu yang cukup lama dalam air yang habis dipakai untuk membersihkan beras plus kacang tanah yang telah dihaluskan. Dan untuk bumbunya adalah bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar serta jintan sangria, kemiri dan merica. Coto Makassar lebih lezat disantap waktu masih hangat bersama-sama ketupat atau buras. trebayang kan bagaimana lezatnya kuliner legendaris ini?
    2.      Jalangkote

    Jalangkote yaitu sejenis makanan khas Sulawesi yang memiliki bentuk menyerupai pastel. Perbedaannya pada bagian kulit jalangkote lebih tipis serta isi dibagian dalamnya tidak sama seperti pastel. Jalangkote umumnya berisi potongan wortel serta kentang berupa dadu, tauge (kecambah) dan soun. yang ditumis bersama-sama bawang merah, bawang putih, garam serta merica. Saus tomat umumnya bakal di sajikan berbarengan jalangkote agar terasa makin nikmat. Di Sulawesi, jalangkote kerap disajikan juga sebagai menu buka puasa.

    SUMATERA
    1.      Mie Aceh (Aceh)
    Mie aceh adalah makanan khas Indonesia dari Aceh. Diolah dengan bahan dari mie kuning tebal dan bumbu pedas khas bumbu Aceh, Mie aceh semakin nikmat dengan irisan daging sapi, ayam, atau udang. Biasanya kuliner ini disajikan dalam bentuk mie goreng atau mie berkuah sup kari yang gurih dan kaya akan rempah yang ditambah dengan bawang goreng, emping melinjo, dan irisan mentimun.

    2.      Rendang (Padang)
    Rendang adalah salah satu kuliner dari daerah Padang dan masuk dalam daftar masakan paling nikmat di dunia versi CNN. Dengan bahan daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah lengkap, rasa rendang dapat menarik penikmat kuliner baik dari tanah air hingga luar negeri.

    KALIMANTAN
    1.      Bubur Pedas (Pontianak)
    Makanan ini tidaklah sepedas rasanya, nama makanan ini mengingatkan saya pada satu pepatah “Apalah arti sebuah nama”. Bubur pedas ini merupakan sebutan makanan yang biasanya dibuat dengan bahan dasar semua sayuran Empat Sehat Lima Sempurna lengkap dengan bumbu (lengkuas,cabe air/daun kesum). Kenapa saya katakan seperti itu, sebab bahan makanan itu berasal dari sayuran segar yang diracik-kecil-kecil lalu dimasak jadi satu. Bubur pedas pertama kali ditemukan oleh suku melayu Sambas yang tinggal di pesisir pantai dikawasan Pontianak dan kemudian dipopulerkan sebagai makanan khas Pontianak. Kuliner satu ini menarik minat pengunjung untuk datang ke Pontianak dan merasakan kelezatan Bubur Pedas.

    2.      Gagodoh atau Gaguduh (Kalimantan Timur)
    Gagodoh atau Gaguduh (nama lain : Sanggar atau Cakodok) adalah sejenis kue khas Indonesia, terutama di Kalimantan Timur. Bentuknya semacam perkedel. Gagodoh terbuat dari tepung terigu, gula, garam, kapur, dan air. Untuk isi dari Gagodoh tersebut, biasanya menggunakan pisang (namanya menjadi Gaguduh Pisang atau Perkedel Pisang) dan Cempedak (namanya Gaguduh Tiwadak). Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan, termasuk pisang atau cempedak ke dalam sebuah wadah dan diaduk hingga rata. Setelah rata, adonan kemudian digoreng di dalam sebuah wajan berisi minyak yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dan dibalik-balik hingga berwarna kuning keemasan. Gagodoh paling disantap dengan minuman berupa teh atau kopi di musim penghujan.


    No comments:

    Fans Page